12 Juni 2020

Kapolda NTB Yakin Polresta Mataram Bisa Lebih Maju dan Mengharumkan Instistusi Polri



MATARAM—Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal menyelesaikan rangkaian kunjungan kerjanya di wilayah hukum Polda NTB di Polresta Mataram. 

Polresta Mataram dipilih sebagai lokasi terakhir kunjungan kerjanya persis sebulan setelah dirinya menjabat sebagai Kapolda NTB. Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal tiba ke Mapolresta Mataram bersama PJU Polda NTB yang mendampingi, Kamis malam (11/06/2020) sekitar pukul 19.30 wita. Kapolda disambut hangat oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto bersama jajaran Polresta Mataram. Kapolda kemudian memberikan sejumlah arahan kepada jajaran Polresta Mataram bertempat di ruang Wira Pratama. Dirinya bersyukur menyudahi kunjungan ke seluruh NTB dari ujung timur sampai ujung barat. Rangkaian kunjungan kerja kapolda dengan mengunjungi para tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan instansi vertical. Kapolda juga mengunjungi seluruh polres jajaran dan kodim se-NTB. ‘’ Hari ini saya menyudahi pelaksanaan bersilaturahmi menyapa teman-teman. Dari Pulau Sumbawa sampai Pulau Lombok saya kunjungi. Sebagai orang baru saya harus datang tampak muka. Persis sebulan saya disini dan saya sudah bersilaturahmi dengan semuanya,’’ ungkap Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal memulai arahannya kepada jajaran Polresta Mataram, Kamis malam (11/06/2020).

Jendral polisi bintang dua ini mulai berpesan. Polisi dituntut bukan hanya bekerja baik. tapi juga bekerja cepat dan cermat. Dirinya tidak ingin polisi di Mataram bekerja lambat. Apalagi ditataran manajerial. Mulai dari kapolres, para kasat hingga kapolsek jajaran. Dalam bertugas, polisi dituntut harus sepuluh kali lebih sabar dari masyarakat. ‘’ Jika ada sikap masyarakat yang kurang. Jangan kita balas dengan emosi. Kita dituntut sabar agar tidak melanggar Ham.Karena kita dilengkapi dengan kewenangan yang luar biasa. Luar biasa kewenangan polisi,’’ katanya.

Iqbal menginginkan kepolisian harus cerdas.Karena institusi negara seperti Polri jangan dipertaruhkan karena polisi yang tidak cerdas. Anggota Polresta Mataram harus menjaga marwah polri. Karena Polri sudah dipilih sebagai profesi. Dia mengasumsikan institusi Polri layaknya tenda besar yang memayungi dan tidak membuat penghuninya kelaparan serta kepanasan. ‘’ Institusi ini harus harus kita pegang. Pondasinya juga harus kita pegang agar tetap kokoh dan tetap bisa memayingi kita. Kalau kita lepas artinya kita tidak bisa bekerja dengan baik. Institusi Polri juga saya anggap sebagai ibu kandung saya. Jadi harus kita balas dengan kerja baik hingga membanggakan Polri. Jangan jadikan Polri sebagai sapi perahan,’’ tegas Iqbal.

Polresta Mataram diminta memberikan yang terbaik untuk Polri. Walaupun tidak sejajar dengan kota besar lainnya di Indonesia. Tapi dirinya yakin, Polresta Mataram mampu melihat perkembangan dan memahami filosofi arti serta makna tugas kepolisian. ‘’ Saya yakin Polresta Mataram akan semakin tumbuh dan lebih harum namanya. Teruslah melakukan pembenahan. Masyarakat harus diayomi. Menjadi pelindung bukan hanya di lips service tapi dilaksanakan. Sehingga masyarakat tenang karena kepolisian memberikan keamanan,’’ pintanya.

Kapolda juga berpesan agar polisi dan TNI tetap menjadi mitra yang strategis. Keduanya bertugas sebagai penjaga keamanan. Polisi dan TNI wajib bergandengan tangan dan bahu membahu. Terlebih dalam bertugas saat pandemi covid-19 saat ini. ‘’ Pertahankan bahkan tingkatkan kerjasama dengan TNI. Soliditas TNI/Polri harga mati dan tidak boleh terhenti,’’ tegasnya.
Dalam pesan terakhirnya. Kapolda meminta seluruh jajarannya untuk bekerja dengan baik. ‘’Bantu saya dengan kerja yang baik. Jaga keamanan dan jangan sakiti masyarakat. Buat masyarakat senang dengan keamanan terjamin. Harus solid dengan TNI,’’ harap Kapolda.

Dalam kunjungan kerjanya itu. Kapolda juga memberikan bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang diterima Kapolresta Mataram. Secara keseluruhan, giat kunjungan kerja Kapolda NTB ke Mapolresta Mataram berjalan aman dan lancar. (Redaksi)

Redaktur : Haris
Admin     : Firman
Pimred    : Nurdin Dino SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan. Komentar menjadi tanggung jawab pribadi. Pemilihan kata tanpa SARA, fitnah, hoax dan ujaran kebencian, sangat Kami hargai.