22 April 2020

Staf Ahli Pemprov NTB Pantau Pendistribusian JPS Gemilang di Kota Mataram

MATARAM – Sejak diluncurkan pertama kali oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 16 April lalu, paket sembilan bahan pokok (sembako) Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang telah terdistribusikan. Sesuai perintah dan izin Gubernur NTB, Senin (20/4), tiga staf ahli dan tiga kepala dinas (kadis) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, melakukan pemantauan langsung pendistribusian bantuan sosial (bansos) JPS Gemilang di Kota Mataram.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Infrastruktur Pemprov NTB Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si., ditemui saat melakukan pemantauan di lapangan mengungkapkan bahwa kegiatan pemantauan itu dilakukan, untuk memastikan bansos paket sembako Program JPS Gemilang sampai kepada penerima manfaat.

“Kita sama-sama tahu bahwa saat ini daerah kita seperti juga daerah-daerah lainnya di Indonesia, sedang menghadapi bencana non alam Corona Virus Disease 2019 atau yang lazim kita sebut Covid-19. Pak Gubernur dan Ibu Wagub ingin memastikan bahwa paket sembako di enam kecamatan se-Kota Mataram, sesuai dengan peruntukannya atau sampai ke penerima manfaat,” ungkap Hj. Selly didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik.

Dikatakan, paket sembako yang digagas Provinsi NTB tersebut dihajatkan guna mengatasi dampak Covid-19 bagi masyarakat, karena program JPS Pemerintah Pusat belum mampu menyasar semua lapisan masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi, paket sembako Program JPS Gemilang ini sebagai upaya men-cover Program JPS Pemerintah Pusat. Walau demikian kita juga menyadari bahwa apa yang kita upayakan ini belum mampu men-cover secara keseluruhan. Minimal kita sudah berbuat untuk kemaslahatan,” ujar Hj. Selly.

Lebih jauh Hj. Selly mengatakan, penyaluran tahap pertama paket sembako Program JPS Gemilang telah dimulai pada 16 April, dimana paket tersebut berisi sembilan produk atau komoditi lokal senilai Rp. 250 ribu per kepala keluarga (KK).

“Dalam masing-masing paket berisi 10 kg beras, satu liter minyak goreng, 20 butir telur, susu, sabun antiseptik, minyak kayu putih atau minyak cengkeh, dan dilengkapi juga dengan tiga buah masker non medis,” ucapnya.

Mantan Kadis Perdagangan NTB itu juga menjelaskan, pendistribusian paket sembako JPS Gemilang dilakukan secara bertahap ke seluruh kabupaten/kota se-NTB. Sedangkan untuk Kota Mataram sendiri, paket sembako yang akan didistribusikan menyasar 2.695 KK yang tidak ter-cover program bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Dari data yang kami terima di masing-masing kecamatan, paket sembako yang telah disalurkan di enam kecamatan se-Kota Mataram berjumlah 1855 paket. Dimana untuk Kecamatan Ampenan sebanyak 418 paket, Sekarbela 223 paket, Mataram 471 paket, Selaparang 123 paket, Cakranegara 329 paket, dan Kecamatan Sandubaya sebanyak 291 paket,” jelas mantan Plt. Walikota Mataram itu.

Penulis : Redaksi
Editor : Hadi
Publikasi : Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan. Komentar menjadi tanggung jawab pribadi. Pemilihan kata tanpa SARA, fitnah, hoax dan ujaran kebencian, sangat Kami hargai.