6 Maret 2020

Dukcapil Sayangkan Masyarakat Kurang Memaksimalkan Program Pemda Menyapa Desa

LOMBOK BARAT - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat (Lobar) menyayangkan masyarakat belum memaksimalkan pelayanan-pelayanan yang disediakan dalam program 'Pemda Menyapa Desa' yang sudah diprogramkan sejak awal tahun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Inovasi Pelayanan Dukcapil Lobar Lalu Beni Harli di sela sela bertugas melayani masyarakat di Kantor Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Lobar pada program Pemda Menyapa Desa, Jumat (6/2/2020).

“Saya rasa masalahnya itu animo masyarakat masih rendah dalam hal ini, sayang sekali kan momen seperti ini dilewatkan masyarakat, padahal dari hari-hari sebelumnya sudah diumumkan melalui masjid-masjid di desa,” keluh Beni.

Menurut data Dukcapil Lobar per 28 Februari tahun ini, dari 524.613 penduduk yang dinyatakan wajib KTP, 30.502 belum melakukan perekaman sama sekali. Di Kecamatan Gunungsari sendiri tercatat masih ada 4.235 penduduk yang belum melakukan perekaman.

Ia menuturkan jika sebagian masyarakat lebih memilih untuk tetap melakukan aktivitas harian mereka dibanding meluangkan waktu sebentar saja untuk mengurus administrasi kependudukan mereka.

“Kita (Dukcapil, red) kan gak mau masyarakat salah persepsi, saat ada momen seperti ini dilewatkan, nanti saat butuh mereka maunya langsung jadi, nah saat disuruh melengkapi persyaratan malah kita dianggap mempersulit, kita kan tidak mau terjadi seperti itu,” lanjutnya.

Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat atau memperbaiki data identitas yang ada disampaikan Beni juga perlu diketahui oleh masyarakat karena tentunya kan memudahkan masyarakat dalam pengurusan nanti.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar H. Baehaqi yang selalu standby memantau semua kegiatan dari awal menuturkan jika program ini juga adalah kegiatan memberikan informasi kepada masyarakat.

“Di samping sebagai ajang silaturrahmi dan juga fokus kepada pelayanan, kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan informasi terkait adminduk dan persyaratannya, pajak, dan lainnya,” papar Sekda.

Selain pelayanan dari Dukcapil yang berupa pelayanan pembuatan KK, akte kelahiran, akte kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), perekaman KTP, perbaikan elemen data serta pengajuan cetak, kegiatan ini juga dibarengi dengan pemberian layanan kesehatan gratis, pembuatan  Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari Direktorat Jenderal Pajak, pelayanan Samsat dari Bapenda Provinsi NTB serta layanan sensus penduduk online dari Badan Pusat Statistik (BPS) Lobar.

Penulis : Redaksi
Editor : Hadi
Publikasi : Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan. Komentar menjadi tanggung jawab pribadi. Pemilihan kata tanpa SARA, fitnah, hoax dan ujaran kebencian, sangat Kami hargai.