4 Februari 2020

Rolling Perangkat Desa Itu Haknya Kades

KABUPATEN BIMA - Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajuddin SH MSi mengungkapkan bahwa roling perangkat desa merupakan hak Kepala desa. Bahkan mengangkat dan memberhentikannya. Akan tetapi hal itu melalui mekanisme yang berlaku.

"Kalau ada perangkat desa yang tak mampu menjalankan tugas dengan baik. Bisa saja dirolling bahkan diberhentikan. Namun langkah itu harus sesuai mekanisme yang berlaku," tegasnya saat memberikan pembinaan pada acara Sertijab Kades di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Senin (3/2).

Kata dia, rolling itu harus memiliki alasan yang jelas. Terutama sekali yang bersangkutan tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

"Kalau bersangkutan tak mampu menjalankan tugas dengan baik. Tak masalah dirolling. Demi pelaksanaan pemerintahan desa yang lebih baik," tuturnya.

Meski demikian, pihaknya mengimbau pada para kades baru ini untuk tak berburu-buru mengambil langkah tersebut. Namun berikan waktu pada mereka tiga sampai enam bulan mendatang.

"Kalau tak bisa berubah dan diandalkan dalam tugasnya. Tak masalah diroling saja. Bahkan sekretaris pun bisa menjadi Kaur maupun kadus. Hal itu sesuai aturan," tegasnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut dia mengingatkan Kades agar mengelola dana desa dengan baik. Terutama sekali melaksanakan program yang benar-benar sesuai yang diharapkan dan di butuhkan masyarakat.

"Kalau ada janji politik para kades. Jangan dipaksakan dimasukkan semua di tahun ini. Tapi harus secara bertahap dan disesuaikan dengan yang ada," ingatnya.

Sementara itu, Camat Madapangga, M Saleh S Sos MAP mengingatkan pada Kades baru agar melaksanakan tugas dengan baik. Dan libatkan semua pihak dalam setiap perencanaan pembangunan. Agar program tersebut benar-benar terarah dan sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

"Bangun kerja sama dengan BPD. Sebab BPD adalah mitranya Pemerintah Desa," ujarnya.

Dia mengucapkan selamat para Kades baru dan para penjabat desa yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Terutama menyukseskan pelaksanaan Pilkades lalu.

"Laksanakan tugas dengan baik. Semoga kehadiran para Kades baru ini. Desa di Madapangga semakin berkembang dan maju," pungkasnya.

Penulis : Syarif
Editor : Rahmat
Publikasi : Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan. Komentar menjadi tanggung jawab pribadi. Pemilihan kata tanpa SARA, fitnah, hoax dan ujaran kebencian, sangat Kami hargai.