29 Januari 2020

Tanah Wakaf Di Sertikatkan, Warga Kijang Datangi Lurah Kekalik Jaya

MATARAM - Sejumlah warga Lingkungan Kekalik Kijang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram mendatangi Kantor Lurah Kekalik  Jaya Kota Mataram, Senin (27/1/2020).

Kedatangan warga yang mengklaim bahwa sebagai ahli waris tanah wakaf merupakan bentuk protes keras karena pensertifikatan atas tanah wakaf oleh Pemerintah Kota Mataram tanpa sepengetahuan para ahli waris.

"Syafrudin, salah satu dari ahli waris, menuturkan tanah Kelurahan Kekalik Jaya dengan luasan 1,3 Ha lebih merupakan milik almarhum ayahnya H. Muhammad Saleh yang di wakafkan untuk kepentingan umum.

Disini saksi kami banyak, orang orang tua sepuh di Kekalik Kijang pada tau kalau tanah Kelurahan ini dulunya wakaf bapak saya, dan diantara saksi ada yang pernah menggarap tanah yang dulunya merupakan sawah ladang " ujarnya.

Syapii, salah seorang warga Lingkungan Kekalik Kijang, menegaskan dirinya siap menjadi saksi bila mana di claim menjadi kepemilikan tanah wakaf Kelurahan Kekalik Jaya.

Karena dulu menurut Syafii orang tuanya sempat menggarap tanah sawah milik H. Muhammad Saleh, sebelum diwakafkan untuk kepentingan umum.

"Saya siap menjadi saksi, kalau tanah Kelurahan Kekalik Jaya, yang dulunya bernama Kelurahan Tanjung Karang benar merupakan tanah wakaf dari H. Muhammad Saleh," ujarnya.

Mantan Kepala Lingkungan di era tahun 1976 H. Syafii dan Kepala Lingkungan Kekalik Kijang H. Nuriman Malik turut mengawal kedatangan ahliwaris dan warga untuk menemui Lurah Kekalik Jaya guna menyampaikan protes dan menuntut pembatalan sertifikat tanah Kelurahan atas nama Pemerintah Kota Mataram karena tanpa sepengetahuan dan pemberitahuan para ahli waris.

"Lurah kekalik jaya Bilyadil Idul Islam, terkait protes dan tuntutan warga Kekalik Kijang yang menginginkan pembatalan serrifikat berjanji akan mencarikan solusi yang terbaik dengan mengkoordinasikan dengan Kantor Aset Kota Mataram.

"Jadi claim sepihak warga yang mengaku ahli waris, kami akan pelajari terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan terhadap persoalan ini," tandasnya.

Sertifikat tanah Kelurahan Kekalik Jaya di terbitkan Badan Pertanahan Nasional pada tahun 2003 atas nama pemegang hak Pemerintah Kota Mataram.

Tokoh masyarakat Lingkungan Kekalik Kijang H. Muhammad berharap kasus tersebut segera diselesaikan oleh pihak Kelurahan Kekalik Jaya agar tidak menimbulkan polemic dan berujung konflik terhadap warga, tegasnya.

Penulis : Redaksi
Editor : Rahmat
Publikasi : Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan. Komentar menjadi tanggung jawab pribadi. Pemilihan kata tanpa SARA, fitnah, hoax dan ujaran kebencian, sangat Kami hargai.