18 Desember 2019

Akhir 2019, Ditlantas Polda NTB Gelar Operasi Lilin

SASAMBO NEWS - Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda NTB bersiap menggelar operasi lilin jelang perayaan natal dan tahun baru 2020.

Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Amin Litarso, mengatakan operasi lilin akan mulai digelar mulai 23 Desember sampai 1 Januari.

"Operasi lilin mulai 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. Untuk gelar pasukan tanggal 19 serentak di Indonesia," ujarnya, Selasa, 17 Desember 2019.

Kombes Pol Amin Litarso, menjelaskan operasi lilin tersebut merupakan operasi kemanusiaan yang mengamankan pelaksanaan natal dan mengamankan pusat perbelanjaan dan destinasi wisata yang menjadi target kunjungan masyarakat.

"Operasi kemanusiaan, sasaran membantu mengamankan saudara kita yang melaksanakan ibadah di gereja, perayaan natal, pusat perbelanjaan dan tempat wisata," katanya.

Polisi juga akan melakukan pengaturan arus lalu lintas menuju lokasi wisata jelang tahun baru, dan menerjunkan polisi mengamankan lokasi wisata.

"Khusus tahun baru kita setting pengamanan baik jalur menuju lokasi wisata maupun di daerah wisata itu sendiri," ungkapnya.

Gelar Rakernis

Pada waktu yang sama, Ditlantas Polda NTB menggelar Rakernis di Lombok Plaza Hotel, Kota Mataram.

Rakernis tersebut, kata Dirlantas sebagai tindak lanjut Rakernis Korlantas Polri dan penandatanganan fakta integritas

"Tindaklanjut Rakernis Korlantas Polri dan fakta integritas penegakan hukum dan tilang dan barang bukti lakalantas," ungkapnya.

Dalam Rakernis ditekankan menjadi polisi lalulintas yang di era digital. Pada poin tersebut, pelayanan SIM ditekankan harus transparan.

"Pelayanan SIM harus transparan kepada masyarakat tanpa ada diskriminasi dan biaya permohonan SIM. SIM itu kompetensi bukan serta-merta sudah cukup umur dapat. Harus ujian, syarat jasmani dan rohani," katanya.

Dia menjelaskan ada beberapa trobosan polisi terkait sistem digitalisasi dalam proses pembuatan SIM. Polres Lombok Timur misalnya, membuat terobosan ujian SIM tertulis melalui aplikasi, kemudian dilanjutkan dengan ujian praktik.

"Nanti akan menuju ke arah sana di Lombok Timur sudah ada ujian melalui media aplikasi. Kalau lulus baru tinggal ujian praktik. Kasatlantas mendapatkan perhargaan di Jakarta," ujarnya.

Penulis : SN01
Editor : Hadi
Publikasi : Admin Sasambo News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan. Komentar menjadi tanggung jawab pribadi. Pemilihan kata tanpa SARA, fitnah, hoax dan ujaran kebencian, sangat Kami hargai.